Saturday, April 02, 2011

Tolong, ini hidupku. Bukan hidup kalian.

Gue sering mikir. Sebenernya ini hidup siapa sih? Gue? Atau hidup kalian?

Pertamanya gue senang diperlakuin kayak gini. Dulu. Jauh sebelum gue bisa bener-bener mikir tentang hal yang lumayan rumit kayak gini. Gue dari SD selalu diarahin. Masuk les mereka yang nyuruh. Apa-apa juga selalu orang tua yang ngarahin.

Waktu mau masuk SMA gue mau masuk SMA tapi mereka nuntut gue buat masuk IPA. Gue nolak. Gue ngga mau jadi anak IPA! Gue mau jadi anak IPS. Tapi, mereka malah marah-marahin gue. Katanya peluang kuliah di anak IPS itu sedikit, mending masuk IPA aja bisa kemana-mana. Siapa bilang peluang anak IPS sedikit? Setau gue dan banyak orang bilang peluang anak IPS banyak kok. Banyak banget malahan. Tapi, mereka ngga mau tau. Egois.

Yauda, gue jadi ngga minat masuk SMA. Gue mutusin buat masuk SMK aja. Jurusan Broadcasting. Tapi, lagi-lagi mereka nolak keinginan gue. Gue ganti pilihan gue jadi jurusan Multimedia. Mereka juga nolak. Karena jurusan itu ngga jelas. Kata mereka peluang kerjanya sedikit.

Gue nyerah.

Gue mutusin buat mereka aja yang milih. Dan mereka milihan gue jurusan Akuntansi. Kalo diliat-liat itu sama aja gue jadi anak SMA jurusan IPS kan? Hmm sedikit aneh emang.

Terus, gue masuk les. Itu juga mereka yang maksa. Gue nurut. gue cari-cari info tentang tempat les yang bagus. Dan akhirnya gue masuk. Gue selalu mencoba ngikutin apa kemauan mereka. Cuma mau ngebuat mereka seneng. Udah. Walaupun dalam hati gue sedikit ngga seneng ngelakuinnya. Tapi, gue usaha. Tapi apa? Mereka ngga pernah nurutin apa yang gue mau.

Ruang gerak gue sempit. Hidup gue diatur mereka. Bukan. Ini bukan hidup gue. Ini hidup mereka. Gue cuma bertugas buat ngejalanin apa yang mereka mau. Gue ga punya hak buat apa-apa. Masa depan gue juga mereka yang ngatur.

Semuanya.